Jika Anda ingin kulit gelap Anda menjadi lebih pucat, menggunakan bahan-bahan alami dapat mencerahkannya beberapa warna tanpa efek samping keras yang menyertai produk pemutih kimia. Latihan sederhana untuk menghindari sinar matahari juga akan membuat kulit Anda tidak menjadi lebih gelap. Tidak ada ramuan ajaib yang akan mencerahkan kulit Anda lebih dari satu atau dua warna, jadi jaga ekspektasi Anda tetap realistis — dan yang terpenting, ingatlah bahwa kulit gelap juga cantik

1
Oleskan larutan jus lemon. Jus lemon telah digunakan selama ribuan tahun sebagai pencerah kulit alami. Ini mengandung asam yang sedikit memutihkan kulit dan mengelupas lapisan atas sel kulit yang lebih gelap. Karena jus lemon murni dapat mengiritasi kulit, buatlah larutan jus lemon dengan mencampurkan satu bagian jus lemon dengan satu bagian air. Ambil bola kapas dan oleskan larutan pada kulit Anda. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat. [1]
Batasi penggunaan larutan jus lemon hanya dua hingga tiga kali per minggu. Menerapkannya lebih sering dapat menyebabkan iritasi kulit. Oleskan pelembab setelah membilas jus lemon karena jus dapat mengeringkan kulit Anda.
Anda akan mulai melihat hasilnya setelah tiga sampai empat minggu menggunakan solusi beberapa kali per minggu. Meskipun jus lemon tidak memberikan efek pencerah instan, ini adalah solusi alami paling efektif yang tersedia.
Berhati-hatilah jika Anda pernah mencoba mengoleskan jus jeruk apa pun ke wajah Anda. Phytophotodermatitis dapat disebabkan oleh reaksi antara sinar UV dan bahan kimia fotosintesis yang ditemukan dalam buah jeruk. [2] Meskipun boleh saja menggunakan jus lemon pada kulit, Anda harus mencucinya sampai bersih sebelum pergi keluar di bawah sinar matahari.

2Coba rendam susu lemon. Untuk perawatan pencerahan seluruh tubuh yang menenangkan, mulailah dengan mandi air hangat. Tuangkan secangkir susu penuh lemak dan peras jus lemon utuh ke dalam bak mandi. Aduk campuran di sekitar sehingga susu dan lemon didistribusikan secara merata di bak mandi. Rendam dalam bak mandi selama 20 menit, lalu bilas diri Anda dengan air bersih.
Susu dalam rendaman ini memiliki enzim yang mencerahkan kulit dengan lembut. Ini juga melembabkan kulit, mengimbangi sifat pengeringan jus lemon.
Cobalah rendam susu seminggu sekali, dan Anda akan melihat hasilnya setelah sekitar satu bulan.

Buat masker madu yogurt. Seperti susu, yogurt mengandung enzim yang dapat mencerahkan kulit dengan lembut. Madu memiliki sifat pelembab dan antibakteri. Bersama-sama, kedua bahan membuat masker bergizi. Campurkan satu bagian madu dan satu bagian yogurt, lalu oleskan campuran tersebut pada wajah dan tubuh Anda. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat. [3]
Pastikan untuk menggunakan yogurt tawar tanpa pemanis. Yoghurt manis atau beraroma akan menjadi terlalu lengket.
Sebagai pengganti madu, cobalah menumbuk alpukat atau menggunakan lidah buaya. Kedua bahan tersebut memiliki efek pelembab yang luar biasa.